Langkah Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Angin Simpel Dari Botol Sisa


Kincir angin sudah jadi sumber daya listrik di banyak negara. Belanda jadi satu diantara negara yang membuat banyak kincir angin raksasa jadi sumber listriknya. Untuk membuahkan listrik, sebetulnya tidak harus membuat kincir angin yang besar dengan ongkos yang mahal. Kincir angin yang simpel dari beberapa bahan sisa dapat juga dibikin untuk membuahkan listrik. Langkah membuat pembangkit listrik tenaga kincir angin simpel dengan memakai botol plastik sisa bisa dikerjakan dengan beberapa langkah di bawah ini:

Membuat turbin serta tutupnya

Langkah membuat pembangkit listrik tenaga angin simpel dari botol dikerjakan dengan membuat turbin serta penutupnya terlebih dulu. Turbin ini dibuat dari botol plastik wadah air mineral. Langkah membuat ialah buang ujung atas serta bawah botol, lalu membelahnya jadi dua. Setelah itu bikin penutup turbin dengan memakai gabus serta pakai penutup ini untuk kembali menyambung ke-2 potongan botol sampai membuat seperti baling-baling yang bisa berputar-putar waktu terserang angin.

Membuat rotor

Setelah itu, langkah membuat pembangkit listrik tenaga angin simpel dari barang sisa diteruskan dengan membuat rotor. Kita dapat memakai kardus sisa yang cukup tebal. Kardus itu dipotong membuat lingkaran. Selanjutnya rekatkan 4 cincin logam pada bagian pinggir lingkaran itu dengan simetris. Tempatkan 4 magnet bundar di cincin-cincin itu, dengan arah kutub yang sama. Lalu bikinlah lubang pas ditengah-tengah rotor.

Membuat kerangka pembangkit listrik

Sisi ke-3 yang perlu disiapkan ialah satu kerangka. Kerangka ini bisa dibikin dari kayu serta kardus sisa jadi alasnya. Pengerjaan kerangka dikerjakan dengan menempatkan dua buah kayu dengan tegak berdiri, pada pinggir alas sisi samping kanan serta kiri. Selanjutnya pasang satu kayu dibagian atas yang menyambungkan ke-2 kayu itu dengan membentang. Waktu kerangka ini akan dibikin seharusnya kerjakan penghitungan terlebih dulu dengan tepat.

Menempatkan beberapa bagian pembangkit listrik

Langkah membuat pembangkit listrik tenaga kincir angin simpel diteruskan dengan menempatkan semua sisi yang sudah disediakan. Pakai satu kayu atau tusuk sate jadi tonggak tempat menempatkan turbin di bagian atas serta rotor pada bagian bawah. Selanjutnya pasang pada kerangka dengan melekatkan tusuk sate pada kayu yang membentang pada bagian atas. Tempat magnet harus ada di bawah. Pada fundamen kerangka tempatkan instalasi yang terbagi dalam 4 koil enamel persis di bawah rotor tapi tidak bersentuhan dengan cara langsung. Magnet serta koil berikut yang akan mengubah daya gerak jadi listrik.

Sesudah dikerjakan pemasangan, karena itu langkah membuat pembangkit listrik tenaga kincir angin simpel dari botol sisa bisa ditest. Tempatkan pembangkit listrik itu di tempat yang hembusan anginnya cukup kencang serta biarlah turbin berputar-putar. Hubungkan instalasi koil enamel pada suatu lampu kecil. Bila angin yang berdesir cukup kencang serta lampu menyala, bermakna pembangkit listrik simpel itu sudah kerja secara baik.

07.58 - tanpa komentar