Langkah Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya Murah Dengan Panel Surya Bikinan Sendiri


Tenaga matahari dapat jadi sumber daya pilihan untuk pembangkit listrik. Daya ini banyaknya banyak khususnya di negara kita. Indonesia disinari oleh matahari selama tahun, sepanjang hampir 10 jam sehari-harinya. Karenanya memakai daya matahari jadi sumber listrik jadi satu diantara pilihan yang benar-benar prospek. Langkah membuat pembangkit listrik tenaga surya murah bisa dikerjakan dengan membuat panel surya atau solar cell sendiri, dengan beberapa bahan yang simpel. Mengenai langkah membuatnya ialah:

Membuat plat negatif serta positif

Langkah awal dalam langkah membuat panel surya paling simpel dengan membuat bagian negatif. Sediakan satu plat besi berkarat atau oksida cuprous. Potong sesuai dengan ukuran satu kotak CD. Membersihkan satu sudutnya dengan memakai amplas, selanjutnya solder pada kabel tembaga. Untuk bikin plat positif, sediakan satu lembaran tembaga serta bikin potongan U. Selanjutnya solder satu bagian palt U pada kabel tembaga. Rekatkan plat itu di plastik wadah CD samping depan memakai lem silikon.
Dalam pengerjaan ke-2 plat ini, lem silikon yang menyambung plat U pada wadah CD banyaknya harus lumayan banyak. Dengan begitu tidak ada ruangan udara atau kebocoran yang kemungkinan berlangsung waktu berisi larutan garam. Diluar itu yakinkan koneksi solder tertutup lem secara baik. Tapi lem silikon pun tidak bisa tutupi semua sisi plat U, sebab ada bagiannya yang perlu tentang larutan garam.

Menyatukan ke-2 plat

Pengerjaan sel surya sebagai sisi dari langkah membuat pembangkit listrik tenaga surya murah diteruskan dengan menempatkan plat negatif di atas plat positif. Triknya dengan terlebih dulu memberikan tambahan lem silikon pada plat U. Maksudnya supaya tercipta susunan yang tebal jadi isolator serta ruang untuk larutan garam. Jangan tutupi semua sisi dengan lem, supaya ada sisi tembaga yang sentuh larutan. Sesudah lem ditambah lagi, rekatkan sisi plat negatif pada lem. Tekan-tekan supaya tidak tercipta sela.

Memberikan tambahan larutan garam

Langkah membuat pembangkit listrik tenaga surya dengan gampang diteruskan dengan memberikan tambahan lem silikon kembali hingga membuat aliran untuk tempat masukkan larutan garam. Pakai satu pipet untuk masukkan larutan itu. Kerjakan pengisian sampai sampai sisi atas dari plat tembaga. Selanjutnya tutup alirannya memakai lem sampai larutan tidak bisa menetes keluar.

Langkah membuat pembangkit listrik tenaga surya murah dengan membuat sel surya sendiri seperti di atas akan membuahkan solar cell yang harga tambah lebih rendah. Alat yang berperan untuk mengubah tenaga matahari sampai jadi daya listrik ini masih butuh ditingkatkan sampai mutunya bisa sama dengan solar cell yang di jual dipasaran. Dengan begitu bisa dibuat sel surya yang murah serta ekonomis untuk dipakai warga.

08.00 - tanpa komentar