Contoh Pembangkit Listrik Simpel di Indonesia


Kita seringkali memikirkan pembangkit listrik jadi satu skema yang besar serta susah. Modal yang diperlukan untuk membuat pasti juga besar sekali. Walau sebenarnya pembangkit listrik yang simpel dengan kemampuan yang kecil dapat dibikin. Pembangkit-pembangkit listrik semacam ini banyak digunakan di wilayah terpencil yang belum tersentuh saluran listrik dari PLN. Mengenai contoh-contoh pembangkit listrik simpel yang sudah dipakai di Indonesia ialah:

Pembangkit listrik dari kincir air

Di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatra, sudah banyak dibuat pembangkit listrik simpel tenaga air. Pembangkit listrik ini berbentuk satu kincir air yang bergerak karena terdapatnya tenaga dari arus air sungai. Turbin yang bergerak akan dikaitkan ke satu generator yang memiliki kandungan magnet serta kumparan kawat. Medan magnet yang dibuat akan menghidupkan daya listrik yang bisa dialirkan ke rumah-rumah masyarakat. Daya ini dapat disimpan pada suatu baterei jadi cadangan.

Pembangkit listrik dari kincir angin

Tidak hanya air, pembangkit listrik simpel tenaga angin dapat sediakan suplai listrik. Pembangkit listrik dari daya pilihan ini akan sesuai dengan bila dibuat di daerah pesisir Indonesia. 120 tempat di NTB, NTT, Sulawesi Selatan serta Selatan Jawa dapat dibuktikan punya kecepatan angin yang dapat membuahkan sampai 100 kW. Turbin atau kincir angin yang berputar-putar bisa menggerakkan dinamo yang akan membuahkan listrik. Magnet serta kumparan juga bisa dipakai untuk mengubah daya gerak dari kincir angin jadi daya listrik.

Pembangkit listrik dari pembakaran sampah

Contoh pembangkit listrik simpel yang lain ialah biomass. Pembangkit listrik ini memperoleh sumber dayanya dari pembakaran sampah. Pembakaran itu dikerjakan dalam insenerator pada suhu 13000C atau lebih. Selanjutnya akan didapat panas yang bisa memanaskan bolier. Uap dari boiler itu akan menggerakkan turbin untuk selanjutnya membuahkan daya listrik. Pemakaian sampah atau biomass jadi sumber listrik di Indonesia belum diurus dengan serius seperti dalam Jepang dan Korea.
Pembangkit listrik dari sinar matahari
Bila dahulu kita memandang jika pembangkit listrik dari tenaga matahari adalah suatu hal yang mahal serta susah, sekarang tidak. Dengan diproduksinya panel surya serta perlengkapan yang lain pada harga yang tambah murah, karena itu pembangkit listrik ini sekarang lebih dapat dijangkau. Pendayagunaannya juga makin luas, seperti untuk kalkulator, arloji, lampu penerangan jalan serta sumber listrik satu desa. Panel surya yang dipasang akan dapat tangkap serta mengubah daya sinar matahari jadi daya listrik.
Contoh pembangkit listrik simpel yang diterangkan di atas kemungkinan cuma dapat membuahkan daya listrik dalam jumlahnya yang tidak besar. Tapi untuk beberapa daerah terpencil yang belum teraliri listrik dari PLN, pembangkit listrik itu memberi faedah yang besar sekali. Waktu malam hari, desa tidak gelap serta beberapa anak bisa belajar lebih baik.

08.02 - tanpa komentar