Tipe, Nama serta Letak Pembangkit Listrik Yang Berada di Indonesia


Keperluan listrik di Indonesia demikian tinggi. Serta tetap bertambah dari tahun ke tahun. Karenanya Indonesia membangun beberapa pembangkit listrik di banyak daerah di tanah air. Pembangkit-pembangkit listrik itu manfaatkan kekayaan alam yang melimpah ruah di bumi Indonesia. Ada pembangkit listrik yang manfaatkan sumber daya air, gas bumi, panas bumi, atau uap. Tipe, nama serta letak pembangkit listrik yang berada di Indonesia salah satunya ialah:

PLTU

Antara jenis macam pembangkit listrik yang berada di Indonesia, ada pembangkit listrik yang manfaatkan tenaga uap atau PLTU. Nama serta letak PLTU itu ialah Tarahan yang terdapat di Lampung, Asam-asam yang berada di Kalimantan Selatan serta Paiton yang berada di Jawa Timur. Ada pula PLTU Lati di Kalimantan timur serta Lau Renun di Sumatera Utara.

PLTD

Indonesia punya beberapa PLTD atau pembangkit listrik yang manfaatkan mesin diesel menjadi penggerak mula atau prime move. Pembangkit listrik yang berada di Indonesia dengan tipe PLTD yakni PLTD Karimunjawa, Banua Lima, Trisakti serta Seberang Barito yang semua terdapat di Kalimantan Selatan. Untuk wilayah lain, pembangkit ini jarang-jarang dipakai sebab masih ada sumber daya alam yang lain yang dipandang lebih ekonomis.

PLTG

PLTG di Indonesia banyaknya tidak sekitar PLTA. Pembangkit listrik ini manfaatkan gas alam yang berada di bumi jadi sumber tenaga listrik. Umumnya PLTG dibangun di beberapa daerah yang kaya gas alam. Beberapa nama PLTG itu ialah PLTG Cikarang, PLTG Plengan, PLTG Trisakti, PLTG Karimunjawa dan PLTG Sunyaragi.

PLTP

Tidak hanya gas alam, panas bumi banyak juga digunakan jadi sumber daya listrik. Biasanya panas bumi didapat dari wilayah gunung berapi. Oleh karena itu PLTP dibuat di beberapa daerah itu. Contohnya PLTP GeoDipa yang terdapat di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. PLTP Gunung Salak yang terdapat di Gunung Salak Jawa Barat. Ada pula PLTP Kamojang serta Wayang Windu yang terdapat di Jawa Barat.

PLTA

PLTA atau pembangkit listrik yang manfaatkan tenaga air banyaknya banyak sekali di Indonesia. Sebutlah saja PLTA Sigura-gura yang ada di Sumatera Utara. Ada pula PLTA Maninjau serta PLTA Singkarak di Sumatera Barat. Di Jawa Barat, ada PLTA Cibadak serta Jatiluhur. Di Jawa Tengah ada PLTA Sidorejo serta Klambu. Sedang PLTA Selorejo serta Karangkates ada di Jawa Timur.

Kemampuan dari pembangkit listrik yang berada di Indonesia beragam. Ada yang cuma 14 MWatt serta ada pula yang sampai 100 MWatt atau lebih. Tipe pembangkit listrik yang banyaknya terbanyak ialah PLTA. Pembangkit listrik itu bisa didapati di Sumatera, Jawa, Kalimantan sampai Sulawesi. PLTA banyak dibuat di danau-danau bikinan yang sudah terlebih dulu dibendung.

07.56 - tanpa komentar